Jumat, 13 Februari 2009

Sehat itu indah














Assalamualaikum wr.wb.

Perkenalkan nama saya Rizki Setiadi, 23 tahun, mahasiswa Teknik Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, itu adalah moto hidup saya. Jadi kesehatan itu sangat penting menurut saya. Sehat itu adalah modal, modal untuk hidup lebih tepatnya. Jangan sampai kita kehilangan modal yang sangat berharga ini. Definisi sehat menurut saya adalah kondisi dimana kita merasa tubuh kita nyaman, sehingga bisa menunjang dalam menyelesaikan semua pekerjaan kita dengan maksimal.

Dua masalah yang dihadapi pria pada umumnya :

1. Bagaimana Turun Berat Badan dengan Sehat ?

Menjaga agar berat tubuh tetap ideal memang tidak mudah bagi pria aktif yang sehari-harinya sibuk bekerja, dihujani oleh stres dan jadwal yang padat. Akibatnya, ukuran pinggang dapat bertambah akibat dari pola diet yang tidak berimbang, yaitu makan dalam jumlah berlebih dengan kandungan nutrisi yang tidak sehat.

Tanpa disadari perubahan pola makan ini dapat terus menerus menggeser jarum timbangan ke arah kanan, sehingga berat badan pun semakin bertambah. Oleh karena itu, Anda perlu mengembalikan berat badan Anda menjadi ideal, dengan menerapkan pola diet yang benar dan sehat. Untuk menurunkan berat badan, Anda cukup mendisain program menu dengan mengurangi asupan kalori yang masuk agar lebih kecil daripada kalori yang dikeluarkan untuk beraktivitas, sehingga kekurangan kalori yang dibutuhkan tubuh dapat diambil dari lemak yang tersimpan dalam tubuh dan berat badan menjadi berkurang.

Namun terkadang selain lemak, protein juga dijadikan sebagai sumber energi bagi Anda yang sedang dalam diet. Padahal, bagi seorang pria, protein sangat penting untuk dijaga, karena sangat berpengaruh terhadap massa otot. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang berdiet, massa otot tetap penting untuk dipertahankan, yaitu dengan asupan protein yang tingi dalam program diet Anda. Dengan latihan yang teratur, efektivitas penurunan berat badan ini akan lebih baik, bahkan membantu pembentukan massa otot akan menjadi lebih optimal.

2. Mengapa Berat Badan Tak Kunjung Bertambah ?

Peningkatan berat badan memang bukan suatu hal yang mudah, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut, antara lain asupan kalori yang lebih tinggi daripada kalori yang dipergunakan untuk beraktivitas. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan kecukupan asupan L-Lysine. L-Lysine merupakan asam amino penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, yang merupakan asam amino pembatas pada menu makanan orang asia pada umumnya.

Mengapa L-Lysine Penting ?

Dengan asupan L-Lysine yang cukup, maka susunan dan kelengkapan asam amino menjadi lebih baik sehingga mengoptimalkan kualitas protein untuk penambahan berat badan.

Tepung-tepungan merupakan bahan makanan yang paling kekurangan terhadap lysine (termasuk juga beras), sehingga kualitas proteinnya rendah jika dibandingkan dengan protein referensi. Bahkan aktivitas memasak, membakar, dan mendinginkan bahan pangan tersebut, akan mengurangi kandungan Lysine di dalamnya.

Jadi masyarakat yang mengkonsumsi nasi sebagai bahan pangan pokoknya, akan memiliki kecenderungan untuk kekurangan L-Lysine, yang dapat mengakibatkan kegagalan pertumbuhan. Itulah mengapa, orang Indonesia memiliki kecenderungan sulit untuk meningkatkan berat badannya. Oleh karena itu, fortifikasi L-Lysine di dalam konsumsi makanan kita sehari-hari sangatlah penting khususnya untuk meningkatkan kualitas protein dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Dengan meningkatnya kualitas protein, sintesis protein untuk meningkatkan berat badan akan lebih optimal dan efektif! Selain itu, fortifikasi L-Lysine juga di peruntukkan untuk menambah nafsu makan.

Jangan Geleng-geleng Kepala Lagi

Jika ditanya mengenai cafe mana sih.. yang mempunyai porsi makanan yang paling besar, pasti kaum pria yang tahu jawabannya bahkan sampai hafal harganya. Tetapi, jika ditanya mengenai nutrisi makanan, giliran kaum wanita yang angkat bicara dikala kebanyakan kaum pria hanya geleng-geleng kepala.

Kaum pria memang jarang ada yang peduli dengan nutrisi pada makanan. Paling-paling tahunya hanya bagaimana caranya mengenyangkan perut tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Tentunya kita sebagai kaum pria tidak mau disepelekan, hanya karena kita tidak tahu mengenai nutrisi makanan.

Bukan maksud kami untuk terlalu serius, tetapi tidak ada salahnya kan…jika kita mulai mengetahui apa itu nutrisi makanan. Setidaknya setelah membaca artikel ini, anda akan mengurangi jumlah pria yang geleng-geleng kepala jika ditanya mengenai nutrisi makanan. Di dalam diet yang kita makan terdapat 5 komponen nutrisi yang penting, yaitu karbohidrat, lemak, protein, dan yang juga tak kalah penting adalah vitamin dan mineral.

■ Karbohidrat
Pada dasarnya karbohidrat adalah sumber tenaga utama. Jadi jika berbicara tentang latihan beban, maka karbohidrat adalah nutrien yang membantu mengoptimalkan tenaga kita ketika berlatih. Karbohidrat merupakan komponen organik yang terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen. Karbohidrat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Karbohidrat Sederhana, dan Karbohidrat Kompleks.

Karbohidrat sederhana artinya bentuknya sederhana, jadi di dalam tubuh mudah sekali diubah menjadi gula darah Contoh: roti, gula pasir, minuman manis, melon semangka. Kelemahan dari karbohidrat sederhana adalah mudah diubah menjadi gula darah, maka kadar gula darah akan meningkat dengan cepat. Hal ini akan mengakibatkan tubuh akan berespon dengan mengeluarkan hormon insulin. Insulin adalah hormon anabolik yang berfungsi memasukkan nutrien ke dalam sel terutama gula. Karena gula darah cepat meninggi, maka insulin yang keluar dari tubuh juga cepat meninggi. Hal ini berakibat gula darah dalam peredaran darah cepat hilang. Akibatnya tubuh menjadi lemas, dan latihan tidak akan menjadi optimal.

Karbohidrat Kompleks berfungsi sebaliknya, karena lambat dilepas ke dalam darah, maka respon insulin juga relatif sedang, hingga menjamin tersedianya supply energi yang konstan guna kepentingan latihan.

■ Lemak
Mungkin Anda langsung memasang wajah “jutek” begitu mendengar kata lemak, Sangat terlihat di wajah Anda begitu bencinya Anda terhadap lemak. Anda pasti masih sakit hati, ketika teman wanita Anda mencubit perut Anda sebagai ungkapan betapa gemasnya dia terhadap perut buncit Anda. Contoh kasus tersebut membuat beberapa orang menjadi benci terhadap lemak dan berusaha untuk tidak mengkonsumsinya sama sekali. Hal tersebut merupakan kesalahan nutrisional yang besar, karena tanpa asupan lemak, kita tidak akan dapat mencapai prestasi potensial yang kita miliki.

Tubuh kita mampu membuat lemak yang berasal dari karbohidrat, protein dan lemak. Tetapi, terdapat 2 jenis lemak yang tidak dapat dibuat oleh tubuh, yaitu Asam Linoleat (Omega-6) dan Asam Linolenat (Omega-3). Kedua jenis lemak ini harus dikonsumsi dari makanan sehari - hari dan disebut sebagai Asam Lemak Esensial.

Fungsi kedua asam lemak tersebut adalah untuk mempertahankan struktur otak, mata, testis, ovarium, kelenjar adrenal dan membran sel (selaput) yang membungkus setiap sel dalam tubuh manusia. Tanpa kedua asam lemak tersebut kita tidak dapat berpikir, melihat, menggerakkan otot, bahkan bereproduksi (Hmmm…bener-bener mimpi buruk). Anda dapat memperoleh omega-6 pada kebanyakan ikan, dan omega-3 pada produk kacang - kacangan.

Jadi hentikan kebiasaan Anda yang sering memecahkan cermin di kamar mandi karena Anda benci dengan tumpukkan lemak-lemak di tubuh Anda. (Ingat... harga cermin tidak murah). Apalagi jika Anda sampai menghentikan sama sekali asupan lemak dalam diet sehari-hari. Yang perlu Anda lakukan adalah membatasi konsumsi lemak, kira-kira 25% dari jumlah kalori Anda sehari-hari.

■ Protein
Protein adalah sumber kalori dan berguna sebagai tenaga jika karbohidrat yang tersedia tidak sesuai selama berlangsungnya diet ketat atau latihan yang melelahkan. Protein bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki otot, sel darah merah, rambut, dan jaringan lain, serta menghasilkan hormon.

Dasar struktur protein adalah asam amino yang mana 20 diantaranya dikenali sebagai konstituen sebagian besar protein. Asam amino berkombinasi membentuk protein dalam sebuah “ikatan peptida”. Asam amino terbagi atas asam amino esensial, yang artinya tidak dapat dibentuk oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan kita sehari-hari, dan asam amino non esensial, yang secara alami dapat diproduksi di dalam tubuh.

Bagi Anda yang mempunyai hobi olahraga dan ingin membesarkan otot-otot sehingga badan Anda terlihat seperti ukiran patung Hercules, Anda harus mengkonsumsi lebih banyak protein dalam diet sehari-hari. Beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut di atas adalah karena hanya protein yang membentuk otot, protein mengurangi dan membantu pecegahan kehilangan otot selama diet, protein juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pengeluaran insulin. Yang tidak kalah pentingnya adalah protein merupakan sumber glutamine dan mengandung BCAA (asam amino rantai panjang).

Glutamine merupakan asam amino yang yang secara alami di sintesa tubuh, tetapi banyak dilepaskan otot selama melakukan latihan. Glutamine ini berperan penting terhadap sistem kekebalan tubuh dan pembentukan protein otot yang lebih optimal. BCAA merupakan asam amino rantai cabang yang terdiri dari asam-asam amino esensial valine, leucine, dan isoleucine yang merupakan bagian dari protein otot. Asupan BCAA ini membantu mencegah terjadinya pemecahan protein otot selama latihan yang cukup intensif.

■ Vitamin & Mineral
Kedua komponen ini terkadang terlupakan oleh kita, padahal vitamin dan mineral tidak kalah pentingnya dengan komponen-komponen major lainnya di dalam diet kita. Vitamin dan mineral memang bukan merupakan sumber tenaga. Tetapi, vitamin dapat mengatur rekasi kimia dalam tubuh kita dan membantu dalam proses metabolisme tubuh, meliputi vitamin A, B kompleks, C, D, E dan K. Kebanyakan vitamin adalah zat kimia yang tidak dihasilkan tubuh, sehingga harus kita peroleh dari diet kita sehari-hari. Mineral jika dikombinasikan dengan unsur-unsur lain di dalam makanan dengan berbagai cara, dapat membentuk struktur tubuh dan mengatur proses di dalam tubuh. Misalnya: kalsium yang dipergunakan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang, dan zat besi yang mengalirkan oksigen dalam sel darah merah. Mineral penting lainnya adalah magnesium, phosphorus, sodium, potassium, dan seng.

Setelah membaca artikel ini, saya harap Anda mulai menyadari betapa pentingnya mengetahui apa itu nutrisi makanan. Dan sangat penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan asupan nutrisi dalam diet kita sehari-hari. Jadi sekarang jika ada yang bertanya pada Anda mengenai nutrisi makanan, jangan geleng-geleng kepala lagi !!


Cara hidup Yang Lebih Sehat

Layaknya menyikat gigi tiap hari, kebiasaan hidup sehat harus dipupuk setiap hari. Berikut ini adalah panduan untuk melakukannya :

1. Aktivitas harus merupakan rutinitas
Jalan, lari ataupun lompat dilakukan minimal 20 menit sehari.
2. Minum multivitamin
3. Lindungilah kulit anda
Oleskan sun block pada wajah, leher, lengan dan tangan terlebih pada saat musin dingin. Ini juga melindungi kulit dari perubahan iklim. Jagalah kelembapan kulit tiap hari.
4. Makan buah-buahan, sayuran, gandum-ganduman, dan susu rendah lemak dan protein yang cukup. Kurangi manis-manisan (ingat diabetes!) dan makanan olahan lainnya.
5. Lakukanlah meditasi atau berdiam diri dengan tenang lima menit tiap hari.
6. Carilah ketenangan batin diri anda.
Carilah apa yang menginspirasi anda, kembangkan tingkat kesadaran anda, motivasi diri anda, dan puaskan jiwa anda.
7. Latihlah otak anda
Membaca, belajar, menyelesaikan masalah dan mempelajari keahlian baru. Tidak berbeda dengan tubuh, otak tidak akan berkembang jika jarang digunakan.
8. Peluklah seseorang


Tips "Makan Yang Tepat"


Selain banyak mengkonsumsi makanan mentah, untuk meringankan kerja alat pencernaan dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari kegiatan bersantap, ada baiknya Anda simak tip-tip berikut ini.

1. Dalam setiap menu, pastikan ada satu makan mentah.
2. Batasi keinginan makan ketika stres.
3. Makanlah ketika perut kosong.
4. Ingatlah selalu, kunyah makanan hingga lembut.
5. Makin lama makanan dimasak, makin lama pencernaan harus bekerja.
6. Memperbanyak makanan mentah, akan mempercepat proses penyembuhan penyakit.


Sekian ulasan dari saya, mohon maaf jika terdapat kesalahan, maaf juga jika dalam tulisan ini saya lebih fokus terhadap laki-laki, karena menurut saya kaum perempuan sudah tidak awam lagi mengenai masalah ini. Tujuan saya hanya ingin menumbuhkan kepedulian terhadap kesehatan, karena kesehatan sering dianggap hal yang sepele. Mudah-mudahan bisa bermanfaat, karena keberhasilan anda adalah keberhasilan saya juga. Tetap semangat !!!

Wassalam.

5 komentar:

  1. ble, cerita diatas bagus N menarik bgt..tp yang jadi pertanyaan tuh bener2 karangan mu or cm copy-paste ???

    BalasHapus
  2. setz, kayanya dari cara hidup yang lebih sehat yang paling gampang buat dilakuin cuma nomer 8 d.. eh bener tuh, kmu bikin sendiri pa copy paste?? hehe

    BalasHapus
  3. kalo bs ksh artikel bwt smuwa umur,smuwa gender, smuwa kalangan biar manfaatnya lbh byk lg...

    jadi yang baca jg smakin bnyak...

    eh,tips agar perut tidak berlipat ada gk?? kalo dah nemu sgera postingkan...
    hahahahaha =D

    iyoh.... iki copy paste yoh????

    BalasHapus
  4. crut crut gayamu....
    TA garapen le

    BalasHapus
  5. makasih atas infonya
    saya punya blog bagus
    bisa lihat di www.sehatituindah04.co.cc

    BalasHapus